Candi Bojongmenje

Kawasan Bandung

KABUPATEN BANDUNG, Jawa Barat

Candi Bojongmenje atau yang lebih dikenal dengan Situs Rancaekek, merupakan komplek purbakala yang diduga merupakan peninggalan masa pra-Islam di Jawa Barat yang terletak di dusun Bojongmenje, kelurahan Cangkuang, kecamatan Rancaekek, Bandung, Jawa Barat. Candi yang ditemukan oleh warga ini didirikan pada abad ke 8 M dan berada di wilayah kekuasaan kerajaan Tarumanegara yang mayoritas beragama Hindu.

Candi Hindu di tepi Sungai Cimande ini berorientasi ke arah timur, menghadap sebuah fragmen yoni bagian dari kolam air suci sepanjang 1,5 meter. Pada bagian timur ditemukan batu sudut, penanda adanya tangga pintu masuk utama candi. Di dalam kompleks candi terdapat rumah yang menyimpan puluhan bagian penting, seperti “kemuncak” atau batu di puncak candi, fragmen yoni, dan batu pengunci. Ratusan potongan batu lainnya berserakan di luar.

Hampir seluruh bangunan menggunakan batuan vulkanik, yang ditatah dan dibentuk sebagai penyusun kulit candi. Batuan ini juga dipotong-potong memanjang sebagai pengisi tubuh candi. Dalam jumlah kecil ditemukan bata, terutama di lantai. Bata setebal 10 sentimeter ini diduga dipakai mengeraskan halaman asli candi. Saat diketemukan, candi itu memiliki dua arca yang menarik, satu arca berupa seorang pria duduk bersila memegang pedang dan satu lagi arca berbentuk perempuan menggendong bayi, dan keberadaan arca tersebut kini tidak diketahui. 

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Prima Mulia



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9660, 107.8018
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan253
Wisata Budaya274
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional