Masjid Katangka

Kawasan Makassar

KABUPATEN GOWA, Sulawesi Selatan

Salah satu ikon tempat ibadah di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Gowa adalah Masjid Al-Hilal atau lebih dikenal dengan nama Masjid Katangka. Dinamakan Masjid Katangka karena berlokasi di kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu. Masjid ini merupakan masjid tertua di Sulawesi Selatan. Menurut sumber menyebutkan, masjid ini dibangun pada tahun 1603, sumber lain menyebutkan masjid dibangun pada awal abad ke-18.

Masjid Katangka dibangun pada masa pemerintahan Raja Gowa  XIV yang bernama Mangarangi Daeng Manrabbia atau dikenal dengan Sultan Alauddin. Ia adalah  Raja Gowa pertama yang memeluk agama Islam. Masjid ini menjadi salah satu simbol perjuangan dan perjalanan dalam menyebarkan agama Islam khususnya di Sulawesi Selatan pada masa pemerintahan Sultan Alauddin.

Masjid ini mempunyai lima pintu, yang bermakna rukun Islam, dan mempunya enam jendela bermakna bahwa rukun iman ada enam. Masjid Katangka pada saat ini termasuk cagar budaya pelestarian  Sulawesi Selatan. Sekaligus menjadi destinasi wisata religi yang bersejarah bagi para wisatawan Tanah Air maupun luar negeri.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.3281, 119.4414
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan102
Wisata Budaya97
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional