Candi Jiwa

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN KARAWANG, Jawa Barat

Candi Jiwa terletak di kompleks percandian Batujaya, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Komplek percandian ada di kawasan Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Yang cukup terkenal yakni Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Candi Jiwa merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara, bila Candi Blandongan peninggalan Sriwijaya dan Tarumanegara. Candi Jiwa merupakan salah satu candi peninggalan agama Budha yang bahkan umurnya diprediksi lebih tua daripada Candi Borobudur di Magelang.

Candi Jiwa memiliki bangunan yang mirip seperti bunga teratai. Dibagian tengah dari candi Jiwa terdapat bekas bangunan yang berbentuk lingkaran yang diduga disitu terdapat patung Budha yang pernah berdiri. Bangunan candi memang sudah tidak utuh lagi dan hanya tampak dasarnya saja berbentuk persegi empat dengan ukuran 19×19 meter dan tinggi 1 meter. Kondisi bangunan tengah candi memang sudah hancur dan hanya terlihat bekas reruntuhannya berupa tumpukan bata merah.

Candi Jiwa tidak memiliki tangga ataupun pintu masuk dan sepertinya dijadikan sebagai pusat peribadatan masa lampau. Benda-benda temuan lainnya seperti tembikar, batu manik-manik merupakan bagian dari zaman prasejarah dan tentunya masa sebelum Masehi. Hal ini juga menjadikan Candi Jiwa merupakan bangunan tertua di tanah Jawa hingga saat ini sebelum terdapat penemuan candi tertua lainnya.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Arie Basuki



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.0570, 107.1547
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam297
Wisata Buatan215
Wisata Budaya224
Taman Nasional16
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional