Candi Blandongan

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN KARAWANG, Jawa Barat

Candi Blandongan merupakan salah satu situs bersejarah yang berada di kawasan Cagar Budaya Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Secara administratif candi ini terletak di desa Segaran, kecamatan Batujaya, kabupaten Karawang, Jawa Barat. Lokasi percandian ini adalah danau yang dimana candi dibangun di berbagai tepi danau.

Candi Blandongan adalah bangunan yang paling lengkap untuk menyimpan berbagai situs purbakala. Teknologi dan arsitektural yang ada di candi ini lebih rumit dari yang lainnya. Di keempat sisi candi tersebut, terdapat pintu masuk tangga dengan 8 anak tangga.

Di Candi Blandongan ditemukan amulet dan materai (votive tablet). Amulet adalah salah satu atribut dalam agama Buddha. Amulet digunakan sebagai aktivitas ziarah. Temuan lain yang tidak kalah penting adalah prasasti yang berupa lempengan logam mulia. Kemudian ada tiga fragmen kaki arca yang merupakan fragmen kaki arca Budha dari bahan tembaga.

Temuan lain yang sangat unik di Candi Blandongan adalah gerabah Arikamedu yang dipercaya dari abad keempat. Gerabah Arikamedu memiliki berbentuk seperti wadah uang terdapat slip merah sebagai hiasan motifnya. Diantaranya ada ragam hias garis-garis vertical dan lingkaran yang tersusun secara teratur, seperti menyerupai pola hias rolet. Gerabah Batujaya adalah gerabah yang secara khusus ditemukan di Candi Blandongan.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Mahanizar



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.0557, 107.1535
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam389
Wisata Buatan505
Wisata Budaya407
Taman Nasional18
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional