Istana Presiden Cipanas

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN CIANJUR, Jawa Barat

Istana Cipanas merupakan Istana Kepresidenan yang terletak di desa Cipanas, kecamatan Cipanas,  kabupaten Cianjur. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, namun sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Selebihnya dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias yang asri, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil.

Pendiri Istana Cipanas adalah Gubernur Jenderal Gustaaf Willem baron Van Imhoff, yang juga penggagas pembangunan Buiten zorg. Van Imhoff sendiri lalu membuat sketsa bangunan istana Cipanas yang diilhami rumah musim panas Eropa, tetapi dengan memadukan arsitektur tropis.

Luas gedung induk adalah 982 meter persegi dengan pilihan corak arsitektur tradisional yang memiliki serambi depan lebih tinggi. Untuk mencapainya pengunjung harus menaiki sebelas anak tangga menuju dua dinding samping serambi yang ditutup kaca patri berbingkaikan timah.

Ruang pertama di bangunan induk adalah ruang tamu yang digunakan oleh persiden maupun wakil presiden untuk menjamu tamu kenegaraan. Di bawah lantai ruang tamu ini ada ruang bawah tanah. Dulu fungsinya sebagai penjara bawah tanah tapi sekarang menjadi gudang barang pecah belah.

Rahasia kehangatan istana Cipanas terletak di dua sumber mata air panas di bagian tengah kompleks istana. Terdapat dua bangunan pemandian, bangunan pertama dikhususkan untuk mandi presiden dan wakil presiden beserta keluarganya. Bangunan kedua yang lebih besar dari yang pertama disediakan untuk rombongan yang menyertai presiden atau wakil presiden.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.7336, 107.0411
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan252
Wisata Budaya275
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional