Benteng Pendem

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN CILACAP, Jawa Tengah

Benteng Pendem Cilacap adalah salah satu benteng peninggalan sejarah pada masa kolonial Belanda. Benteng yang dibangun pada 1861 ini menjadi bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Letak benteng ini berada di Jalan Benteng, Sentolokawat, tepatnya di Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pemerintah Belanda telah membangun benteng ini dengan luas 6,5 hektar dengan kurun waktu dari tahun 1861-1879.

Benteng Pendem sampat tertutup oleh tanah akibat pergeseran/peegesekan lapisan bumi. Namun, pada tahun 1986, pemerintah Cilacap menyerukan petugas dan masyarakat sekitar untuk menggali agar benteng tersebut terlihat kembali. Setelah itu, pemerintah Cilacap pun menjadikan benteng ini sebagai wisata sejarah yang mudah dikunjungi. Secara otomatis Benteng Pendem dirawat oleh pemerintah Cilacap.Bangunan benteng ini terdiri dari ruang-ruang yang masih kokoh sampai saat ini. Diketahui, ruangan dalam benteng yaitu, barak, benteng, pertahanan, ruangan pengintai, ruangan rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruangan penjara, dapur, ruangan perwira juga ruangan peluru.

Benteng Pendem ini sering dibilang angker oleh masyarakat karena adanya lorong bawah laut yang terhubung dengan benteng-benteng dan goa di Pulau Nusakambangan. Namun, saat ini lorong tersebut sudah terendam air laut. Selain itu, adanya tiga blok ruang penjara letaknya di sisi paling selatan telah melengkapi sensasi angker di Benteng Pendem ini. Hanya sedikit cahaya yang dapat menerangi ruangan benteng ini.

Selain menikmati wisata sejarah di Benteng Pendem, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam beserta 40 rusa yang sudah jinak. Biasanya rusa-rusa akan bergerombol di sebuah gundukan tanah di depan ruang penjara Benteng Pendem. Dan yang paling menggiurkan adalah adanya pemandangan laut di Pantai Teluk Penyu tepat di depan Benteng ini. Kita juga dapat membeli oleh-oleh khas pantai seperti baju pantai dan pernak-pernik pantai. Sepanjang jalan dipinggir pantai juga terdapat restoran masakan seafood dan cemilan lainnya.

Akses menuju Benteng Pendem, kita dapat menaiki bisa dari Jakarta menuju Terminal Cilacap. Setelah sampai di Terminal Cilacap, kita dapat menaiki angkutan umum (angkot) jurusan Teluk Penyu dan dilanjutkan dengan naik becak menuju Benteng Pendem. Kita juga dapat menaiki mobil pribadi. 

 

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Andrianto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.7492, 109.0173
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam370
Wisata Buatan289
Wisata Budaya452
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional