Pendhapa Alit

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BOYOLALI, Jawa Tengah

Ruang Publik Alternatif, Tempat Berkumpulnya Komunitas, dan Aneka Ragam Gerai Kuliner Warga Sekitar

Bangunan yang seharusnya tidak terpisahkan dari bangunan pokok (rumah/ kantor utama/ kediaman pemimpin) ini letaknya terpisah dari kompleks utama kabupaten baru Boyolali. Tepatnya terletak 3,7 km sebelah barat laut dari Kantor Bupati Boyolali. Sebelum menjadi pendopo seperti sekarang, dulunya bangunan ini adalah bekas Komplek Perkantoran Kabupaten Lama Boyolali.

Secara umum, pendopo adalah satu bangunan yang menjadi tempat berkumpul atau ruang publik, artinya pemimpin secara umum juga harus mampu menjadi individu atau instansi yang merakyat dan memiliki keterbukaan dan kedekatan hubungan dengan kedudukan di bawahnya maupun masyarakat pada umumnya.

Bentuk salah satu ruang dalam rumah tradisi Jawa tersebut memperlihatkan adanya konsep filosofis tentang makna ruang yang dalam dimana keberadaan pendopo sebagai perwujudan konsep kerukunan dalam gaya hidup masyarakat Jawa. Pendopo tidak hanya sekedar sebuah tempat tetapi mempunyai makna filosofis yang lebih mendalam, yaitu sebagai tempat untuk mengaktualisasi suatu bentuk/ konsep kerukunan antara penghuni dengan kerabat dan masyarakat sekitarnya. Dari konstruksi dan letak bangunan, pendopo merupakan aplikasi sebuah ruang publik dalam masyarakat Jawa.

Pada zaman modern seperti sekarang, bangunan pendopo memiliki pergeseran makna dan fungsi. Pendopo dialihfungsikan menjadi tempat untuk menyelenggarakan acara dinas pemerintahan maupun event-event komunitas tertentu.

Saat pagi hari kompleks perkantoran ini terasa sepi karena denyut aktivitas utama sebagian besar telah berpindah ke kompleks perkantoran baru. Namun saat sore hari, halaman depan sekitar pendopo alit sekarang berubah menjadi tempat aktivitas sosial dan ekonomi warga sekitar. Mulai dari dijadikannya sebagai tempat untuk berkumpul komunitas, tempat menyelenggarakan acara, hingga dijadikan tempat untuk menjajakan beraneka ragam kuliner oleh warga sekitar.

Tempat ini cocok untuk dijadikan spot wisata ruang publik alternatif, bagi pengunjung yang lebih menyukai suasana damai, sepi, dan tidak seriuh di Alun-alun Boyolali. Dimana disini pengunjung bisa duduk santai mengobrol dengan teman atau keluarga, sambil menikmati sejuknya udara sore hari, ditemani aneka jajanan lezat yang dijajakan oleh gerai-gerai kuliner di sekitar halaman pendopo.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5173, 110.5934
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam270
Wisata Buatan253
Wisata Budaya319
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional