Boulevard Soekarno

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BOYOLALI, Jawa Tengah

Simbol Representasi Wajah Indonesia / Ikon Monumental Refleksi Pemimpin Besar Bangsa Indonesia

Ir. Soekarno dikenal sebagai sang proklamator, pencetus Pancasila, dan Presiden pertama Republik Indonesia. Sosok pemimpin besar yang lebih akrab di panggil Bung Karno ini berasal dari Kota Blitar. Beliau merupakan pahlawan Proklamasi bersama dengan Mohammad Hatta. Putra Sang Fajar ini sangat kharismatik, berwibawa, tegas, nasionalis, hingga revolusioner. Semangat dan jiwa Nasionalisme tidak pernah pudar saat menorehkan dan memperjuangkan Indonesia hingga menjadi negara yang berdaulat, bahkan menjadi negara yang disegani oleh bangsa lain.

Terletak di depan gerbang utara Kompleks Perkantoran Kabupaten Baru Boyolali, patung berwarna hitam keemasan yang terbuat dari tembaga ini dibuat dengan ciri khas Soekarno yang gemar memakai peci dengan membawa tongkat komando di tangan kirinya. Sementara, tangan kanannya diangkat sambil mengacungkan telunjuk.

Patung tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Boyolali Seno Samodro dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Sabtu, 4 Oktober 2014. Secara simbolis, peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan dibukanya selubung penutup patung yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati.

Harapan dari didirikannya patung ini adalah saat pengunjung memasuki gerbang kabupaten baru, muncul suatu pendakian emosi, dan refleksi momentum tentang sejarah pemimpin besar yang pernah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia

Alamat:

Jalan Merdeka Timur, Boyolali, Jawa Tengah

(Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Baru)

Keyword & Koordinat Destinasi :

-7.538497, 110.613812



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5385, 110.6138
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam467
Wisata Buatan346
Wisata Budaya404
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional