Monumen Jendral Ahmad Yani

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BOYOLALI, Jawa Tengah

Gagahnya Sosok Jenderal TNI Anumerta ke-6 Indonesia di Gerbang Barat Kabupaten Baru Boyolali

Monumen sosok seorang pahlawan besar kemerdekaan Republik Indonesia selalu memberikan dampak secara emosional pada masyarakat yang hidup disekitarnya. Tidak terkecuali untuk monumen patung Jenderal Ahmad Yani.

Tokoh satu ini terkenal sebagai salah satu pahlawan Revolusi Indonesia. Berbagai prestasi pernah diraih Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani pada masa perang kemerdekaan. Beliau pernah membentuk batalion dengan dirinya sebagai Komandan dan memimpin kepada kemenangan melawan Inggris di Magelang. Kemudian diikuti dengan keberhasilan mempertahankan Magelang saat melawan Belanda, ketika ia mencoba untuk mengambil alih kota, sehingga beliau mendapat julukan “Juru Selamat Magelang”. Sorot lain yang menonjol adalah serangkaian serangan gerilya yang diluncurkan pada awal 1949 untuk mengalihkan perhatian Belanda di Yogyakarta, serangan ini terkenal dengan sebutan Serangan Umum 1 Maret 1949.

Terletak di depan gerbang barat Kompleks Perkantoran Kabupaten Baru Boyolali, patung berwarna hitam keemasan yang terbuat dari tembaga ini dibuat lengkap dengan seragam khas Jenderal TNI dengan membawa tongkat komando di tangan kirinya. Sementara, tangan kanannya berada dalam posisi sikap sempurna istirahat di tempat.

Harapan dari didirikannya patung ini adalah saat pengunjung memasuki gerbang kabupaten baru, muncul refleksi momentum tentang ingatan akan sejarah Jenderal TNI yang pernah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia

Alamat:

Jalan Merdeka Timur, Desa Kemiri, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

(Gerbang Barat Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Baru)

Keyword & Koordinat :

-7.543029, 110.607879



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5430, 110.6079
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam467
Wisata Buatan344
Wisata Budaya403
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional