Taman Mini Indonesia Indah

Kawasan Jakarta

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia, termasuk Timor Timur. Akan tetapi setelah Timor Leste merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002, status anjungan Timor Timur berubah menjadi Museum Timor Timur. Selain itu karena kini Indonesia terdiri atas 33 provinsi, anjungan-anjungan provinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah dibangun di sudut Timur Laut TMII.

 

TMII ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota. 

 

Selain itu, terdapat pula rumah ibadah agama resmi yang diakui di Indonesia, hal ini untuk menggambarkan toleransi dan keselarasan hubungan antar agama di Indonesia, kemudian sarana rekreasi, sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia juga ada museum yang diperuntukkan untuk memamerkan sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi di Indonesia dan Teater atau bioskop.



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.3024, 106.8952
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam118
Wisata Buatan111
Wisata Budaya151
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional