Dunia Fantasi Ancol

Kawasan Jakarta

KOTA JAKARTA UTARA, DKI Jakarta

Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan nama Dufan menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup popular. Tempat wisata yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, diresmikan pada 29 Agustus 1985 dan mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan. Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Luas Dunia Fantasi mencapai 9,5 hektare dari rencana pembangunan 552 hektare kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol. 

 

Sesuai namanya, Dunia Fantasi mengusung konsep keliling dunia fantasi. Arena bermain ini dilengkapi dengan berbagai mainan teknologi tinggi dan dibagi menjadi delapan  kawasan sesuai dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara, dan Istabon.


 
Pengunjung bisa juga menjelajahi Istana Boneka yang berisi tidak kurang dari 600 boneka animatronik ‘didandani’ dengan berbagai aksesoris serta ditempatkan di setting yang mewakili berbagai kebudayaan dunia. Ada pula wahana Perang Bintangseperti dalam film Star Wars. Dengan dibekali pedang laser, pengunjung bisa menjelajahi lorong yang didesain mirip luar angkasa lengkap dengan piring terbangnya.

 

Suasana yang berbeda bisa disaksikan di wahana Rumah Miring. Sesuai namanya, tidak hanya posisi rumah saja yang miring, tetapi perabotan dalam wahana juga ditata miring. Pengunjung juga bisa mencoba menyusuri lorong kaca di Rumah Jail. Selain atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko suvenir.



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.1236, 106.8320
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam103
Wisata Buatan111
Wisata Budaya147
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional