Villa Yuliana

Kawasan Makassar

KABUPATEN SOPPENG, Sulawesi Selatan

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 4-5 jam dari Makassar. Berada di daerah pegunungan, kota ini punya banyak potensi wisata menarik. Salah satunya Villa Yuliana, rumah peristirahatan ratu yang kini berubah jadi museum. Letaknya cukup stategis di jalan Pengayoman Watansoppeng, menjadikan villa tersebut mudah dijangakau. 

Villa Yuliana, merupakan landmark Kabupaten Soppeng pencampuran bangunan gaya eropa zaman kolonial dengan rumah adat bugis. Di balik keunikan arsitektur Eropa bercampur Bugis, bangunan tersebut menyimpan sejarah panjang yang membalut kota Soppeng ini. 

Villa Yuliana merupakan bangunan bersejarah peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda yang berdiri lebih seabad silam. Bangunan yang bercat putih kombinasi hijau itu dibangun pada tahun 1905 lalu oleh Gubernur pemerintahan Hindia Belanda, saat itu C.A Kroesen. awal bangunan sebagai tempat beristirahat yang berada didaerah ketinggian.

Setelah beberapa tahun terbengkalai, pemerintah setempat kini menjadikan Villa Yuliana sebagai museum dan diberi nama Latemmamala. Berbagai koleksi benda bersejarah dipajang di dalamnya, mulai dari senjata, mangkok, piring, guci-guci bergaya Eropa, koleksi uang kuno, hingga barang-barang peninggalan Beland lainnya.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Sakti S. Karuru



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -4.3488, 119.8867
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya95
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional