Museum Kantor Pos Indonesia

Kawasan Bandung

KOTA BANDUNG, Jawa Barat

Museum Kantor Pos Indonesia di Bandung ini adalah menjadi tempat wajib alias menjadi tempat yang sangat direkomendasikan yang wajib anda kunjungi saat liburan ke kota kembang. Di sini terdapat banyak sekali koleksi perangko dari masa ke masa baik dari dalam maupun mancanegara yang jumlahnya mencapai ribuan. Museum Pos di Bandung berlokasi di jalan Cilaki No 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia. 

Museum yang namanya berubah kembali di tahun 1995 menjadi Museum Pos Indonesia ini memiliki koleksi ribuan perangko dari penjuru dunia. Museum ini memiliki beberapa ruangan terpisah yang setiap ruangannya menyimpan koleksi benda pos yang masih terawat dengan baik  Koleksi yang ditampilkan di museum ini tidak hanya perangko, benda-benda pos seperti timbangan surat dan sepeda pak pos juga turut dipamerkan. Perkembangan baju dinas serta peralatan pos dari zaman kolonial hingga sekarang juga dapat Anda jumpai di museum ini.

Pada bagian lain dari museum ini, terdapat ruang yang memamerkan surat emas, surat dari berbagai raja-raja nusantara kepada para Komandan dan Jendral Belanda. Umur surat-surat emas yang sebelumnya berada di salah satu museum di Inggris ini diperkirakan berkisar ratusan tahun.

Melewati museum itu bisa diketahui bahwa selama masa kemerdekaan, Pos Indonesia sekurang-kurangnya sudah lima kali ganti nama dan ganti lambang. awalnya Jawatan PTT (1945-1961), lalu jadi PN Postel (1962-1965), PN Pos dan Giro (1965-1978), Perum Pos dan Giro (1978-1995,) dan pada tahun 1995 jadi PT Pos Indonesia (Persero)

 


Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9023, 107.6200
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan252
Wisata Budaya275
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional