Kebun Raya Bogor

Kawasan Jakarta

KOTA BOGOR, Jawa Barat

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor.. Luasnya mencapai 87 hektaree dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu.

Di Kebun Raya Bogor terdapat banyak tempat yang bisa dikunjungi, antara lain Griya Anggrek, tempat display anggrek-anggrek species dan anggrek hybrid yang sedang berbunga. Kebun Raya Bogor juga memiliki museum fauna, di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya:  burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain-lain, Salah satunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu paus biru. Terdapat pula komplek pemakaman Belanda yang di dalamnya terdapat beberapa makam tokoh yang telah mengabdikan dirinya di Kebun Raya Bogor.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga memiliki beberapa bangunan yang memiliki nilai sejarah. Salah satu bangunan tersebut adalah tugu Raffles, sesuai dengan namanya, tugu ini dibuat oleh pemimpin pemerintahan Inggris pada masanya, yaitu Thomas Stamford Raffles. Juga tugu Reinwardt yang dibuat untuk mengenang dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap dirinya yang telah merintis Kebun Raya Bogor pada masa jayanya. Dan masih banyak tempat-tempat lainnya yang dapat kita kunjungi.

 

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.5976, 106.7996
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan255
Wisata Budaya282
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional