Istana Bogor

Kawasan Jakarta

KOTA BOGOR, Jawa Barat

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Salah satunya adalah keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga sampai sekarang. Terletak di pusat kota Bogor, seluas sekitar 28.86 hektar, di ketinggian 290 meter dari permukaan laut, beriklim sedang dengan hawa yang sejuk.

Presiden Soekarno terkenal sebagai penggila seni, karena itu Istana Bogor dipenuhi dengan berbagai karya seni bernilai tinggi. Berbagai karya seni seperti patung Presiden Yugoslavia, Josef Broz Tito, patung Sarinah karya Trubus, dan patung kepala Sang Budha dari Myanmar tampak menghiasi sisi ruang perpustakaan.

Sementara di ruang kerja Bung Karno terdapat lukisan upacara perkawinan Rusia karya Makowski, lukisan flamboyan karya Addolf, patung Jatayu Merah, patung Wayang dari uang kepeng, keramik Thailand, dan keramik hadiah Perdana Menteri Uni Sovyet, Nikita Khruschev. Hingga kini lukisan yang terdapat di istana Bogor berjumlah 448 buah dan koleksi patung sebanyak 216 buah. Istana Bogor juga mengoleksi keramik sebanyak 196 buah. Semua karya seni bernilai tinggi tersebut kini tersimpan di museum istana Bogor.

Saat ini sudah menjadi trend warga Bogor dan sekitarnya setiap hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya berjalan-jalan di seputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa-rusa dengan wortel yang diperoleh dari petani-petani tradisional warga Bogor yang selalu siap sedia menjajakan wortel-wortel tersebut.

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.5980, 106.7975
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam358
Wisata Buatan326
Wisata Budaya262
Taman Nasional18
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional