Masjid Agung Sumenep

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN SUMENEP, Jawa Timur

Masjid Agung Sumenep adalah masjid yang berada di Sumenep Madura. Berdiri menghadap alun alun kota Sumenep Masjid Agung Sumenep yang dulunya disebut masjid Jami, menjadi salah satu penanda kota Sumenep.  Arsitektur bangunan masjid sendiri, secara garis besar banyak dipengaruhi unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Salah satunya pada pintu gerbang pintu masuk utama masjid yang corak arsitekturnya bernuansa kebudayaan Tiongkok.

Untuk Bangunan utama masjid secara keseluruhan terpengaruh budaya Jawa pada bagian atapnya dan budaya Madura pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid, Masjid ini juga dilengkapi minaret yang desain arsitekturnya terpengaruh kebudayaan Portugis. Minaretnya terdapat di sebelah barat masjid dengan tinggi 50 meter, dibangun pada pemerintahan Kanjeng Pangeran Aria Pratingkusuma. Di kanan dan kiri pagar utama yang masif juga terdapat bangunan berbentuk kubah.

Sedangkan interior masjid lebih cenderung bernuansa kebudayaan Tiongkok pada bagian mihrab. Ukiran jawa dalam pengaruh berbagai budaya menghiasai 10 jendela dan 9 pintu besarnya. Bila diperhatikan ukiran di pintu utama masjid ini dipengaruhi budaya China, dengan penggunaan warna warna cerah. Di dalam mesjid terdapat 13 pilar yang begitu besar yang mengartikan rukun solat. Bagian luar terdapat 20 pilar. Dan 2 tempat khotbah yang begitu indah dan di atas tempat Khotbah tersebut terdapat sebuah pedang yang berasal dari Irak. 

 

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.0080, 113.8588
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam658
Wisata Buatan435
Wisata Budaya306
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional