Tari Barong

Kawasan BALI

KABUPATEN GIANYAR, Bali

Tari Barong merupakan tarian tradisional Bali dengan menggunakan topeng dan kostum khas barongan.Barongan atau Barong merupakan figur dalam mitologi Bali dan Jawa.Baromg ditampilkan dalam berbagai bentuk samaran seperti binatang.  Di Bali ada beberapa jenis barong yakni Barong Ket, Barong Bangkal, Barong Landung, Barong Macan, Barong Gajah, Barong Asu, Barong Brutuk, Barong Lembu, Barong Kedingkling, Barong Kambing, dan Barong Gagombrangan. 

Yang paling terkenal adalah Barong Ket, dengan figur makhluk berkaki empat atau berkaki dua dengan kepala singa.Barong ini juga memiliki pebendaharaan gerak tari yang paling lengkap. Dari wujudnya, Barong Ket merupakan perpaduan bentuk antara singa, macan,sapi dan naga. Badan Barong Ket dihiasi dengan kulit berukiran rumit dan ratusan kaca cermin berukuran kecil.Kaca-kaca cermin itu bagai permata dan tampak berkilauan ketika tertimpa cahaya.Bulu Barong Ket terbuat dari kombinasi perasok (serat daun tanaman sejenis pandan) dan ijuk.Ada pula yang mengganti ijuk dengan bulu burung gagak.

Barong Ket ditarikan oleh dua orang penari yang disebut Juru Saluk atau Juru Bapang.Juru Bapang pertama menarikan bagian kepala, Juru Bapang yang lainnya di bagian ekor.Biasanya Barong Ket ditarikan berpasangan dengan Rangda, yaitu sosok seram yang melambangkan adharma (keburukan).

Tari Barong ini merupakan budaya warisan jaman pra Hindu.Barong Ket sendiri dalam tarian tersebut melambangkan dharma (kebajikan).Pasangan Barong Ket dan Rangda melambangkan pertempuran abadi andara dua hal yang berlawanan (rwa bhineda) di semesta raya ini.Tari Barong Ket diiringi dengan gamelan Semar Pagulingan.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Johannes P. Christo



Destinasi lain di Kawasan Bali


Koordinat: -8.6099, 115.2533
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam245
Wisata Buatan110
Wisata Budaya120
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional