Pulau Passitallu Timur

Kawasan Makassar

KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, Sulawesi Selatan

Di ujung Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan terdapat pulau kecil nan cantik. Pasitallu namanya. Pulau ini berada di antara gugusan pulau Takabonerate, Sulawesi Selatan. Kawasan Taka Bonerate terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, serta 21 buah pulau kecil yang terbentuk dari endapan pasir dan pecahan terumbu karang. 

Hanya 7 pulau di Taka Bonerate yang berpenghuni, yaitu Rajuni Besar, Rajuni Kecil, Tarupa Besar, Latondu Besar, Jinato, Pasitallu Tengah, dan Pasitallu Timur. Penduduknya terdiri dari 2 etnis utama, yaitu Bajo dan Bugis. Karena keberagaman biota bawah lautnya yang harus dilindungi, kawasan Taka Bonerate ditetapkan sebagai Taman Nasional.

Pulau Pasitallu memiliki luas 2.000 meter persegi. Mayoritas penduduknya adalah suku Bajo. Selain suku Bajo adapula suku Bugis dan tentunya Selayar. Mata pencaharian mereka adalah nelayan, yang telah terkenal melaut hingga benua tetangga, Australia.

Pulau Pasitallu Timur, termasuk kawasan selatan dari taman nasional. Karena berada di koridor laut dalam, perairan taman nasional kerap menjadi perlintasan mamalia laut penting, seperti paus dan lumba-lumba.  Pasitallu Timur adalah lokasi menyelam yang karakteristiknya berupa karang tepi, dengan suhu air 27 derajat Celcius. Kedalaman titik selam ini berkisar antara 5 sampai 8 meter. Pulau Pasitallu memiliki senja yang ciamik. Warna oranye, merah, dan biru berpadu dengan sangat cantik.


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -7.0741, 121.1207
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam155
Wisata Buatan103
Wisata Budaya96
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional