Museum Pembela Tanah Air

Kawasan JAWA BARAT

KOTA BOGOR, Jawa Barat

Selain mendapat julukan sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai “Kota Pembela Tanah Air" atau biasa disebut PETA. Nama itu memang sesuai akronim pasukan Pembela Tanah Air yang biasa kita kenal pada jaman kemerdekaan tahun 1945. Tentara yang dibentuk Jepang pada Oktober 1943 dahulu memusatkan pelatihan di Jawa atau Bo-ei Giyûgun Kanbu Resentai yang berada di kompleks militer Bogor.  Banyaknya bangunan dan sejarah PETA di Bogor menjadikan bekas bangunan tangsi militer itu sebagai museum.

Museum PETA berada di dekat Kebun Raya Bogor, di depan Istana Presiden itu dibangun Umar Wirahadikusuma pada November 1993 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada bulan Desember 1995.  Sebagai salah satu lulusan PETA, Jenderal Sudirman menjadi salah satu ikon museum dengan dijadikan patung yang diapit oleh dua meriam. Dekat patung itu dicantumkan nama-nama perwira tentara PETA dari seluruh Jawa, Madura dan Bali, serta Sumatera.

Bagian lain dari museum juga menarik karena berisi bagian-bagian dari sejarah PETA dalam bentul diorama. Terdapat dua ruangan museum yang diisi 14 diorama yang menceritakan perjalanan sejarah PETA. Tidak hanya diorama, pengunjung biasanya juga menyukai bagian ruangan yang menampilkan koleksi senjata rampasan perang dari Jepang dan sekutu. Dan Ruangan yang memamerkan atribut prajurit peta dari tingkat pelatih dan perwira PETA.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Lazyra Amadea Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.5852, 106.7963
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam422
Wisata Buatan494
Wisata Budaya332
Taman Nasional19
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional