Museum Geologi

Kawasan Bandung

KOTA BANDUNG, Jawa Barat

Kalau ingin berekreasi sambil menambah pengetahuan secara gratis di Bandung, Museum Geologi bisa menjadi pilihan. Di tempat ini, beragam jenis batuan di bumi, fosil raksasa binatang purba, juga batuan yang jatuh dari langit alias meteor, menjadi koleksi yang patut disimak. Jangan lupa juga berfoto di depan rangka dinosaurus T. rex yang ganas.

Museum yang berada di Jalan Diponegoro dan dekat dari Gedung Sate ini punya dua lantai ruang pamer. Lantai pertama terbagi dua. Ruang sayap barat atau sebelah kiri pintu masuk berisi aneka bebatuan.

Adapun sayap timur di bagian kanan memajang koleksi aneka fosil. Lantai atas dikenal sebagai ruang geologi untuk kehidupan manusia.

Ruang sayap barat yang juga dikenal sebagai Ruang Geologi Indonesia menceritakan proses terjadinya bumi di dalam sistem tata surya. Termasuk bentuk geologi Indonesia, lempeng-lempeng kulit bumi aktif, yang disajikan dalam bentuk maket.

Beralih ke ruangan sayap timur, tempat ini menyajikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di bumi, dari masa primitif hingga modern. Maskot di tempat ini apalagi kalau bukan dinosaurus jenis T. rex yang tinggi menjulang.

Koleksi fosil terbesar di Indonesia, yaitu Stegodon trigonocephalus, gajah purba berkepala triagonal yang ditemukan di daerah Jawa Timur. Panjang gadingnya mencapai 4 meter dengan tinggi tubuh mencapai 2,5 meter



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9007, 107.6215
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam106
Wisata Buatan101
Wisata Budaya136
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional