Taka Bone rate

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, Sulawesi Selatan

Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate mempunyai tipe ekosistem pantai dan laut yang meliputi terumbu karang dan padang lamun

Potensi Fauna 

Terdapat sekitar 350 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi seperti ; kerapu (Epinephelus spp), cakalang (Katsuwonus spp), napoleon wrasse (Cheilinus undulatus), dan baronang (Siganus sp). Sebanyak 101 jenis moluska seperti lola (Trochus spp), kerang kepala kambing (Cassis cornuta), triton (Charonia tritonis), batulaga (Turbo spp), kima (Tridacna spp), kerang mutiara (Pinctada spp), nautilus (Nautilus sp), cumi-cumi (Squid sp) dan gurita (Octopus sp). Jenis-jenis penyu yang tercatat adalah penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu lekang (Dermochelys coreacea).

Potensi Flora 

Tumbuhan yang terdapat di daerah pantai sebagian besar didominir oleh Pandan laut (Pandanus sp.), Cemara laut (Casuarina equisetifolia), Ketapang (Terminalia catappa), dan Kelapa (Cocos nucifera). Terumbu karang yang sudah teridentifikasi lebih dari 237 jenis seperti akar bahar (Antiphates sp), karang meja (Acropora spp), Pavona spp, dan Fungia spp. Sebagian besar jenis-jenis karang telah membentuk terumbu karang baik atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef). Semuanya merupakan terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh.

Potensi dan Daya Tarik Wisata Alam 

Terdapat 15 buah pulau di TNL Taka Bonerate dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung antara lain menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya. Musim kunjungan terbaik pada bulan April sampai Juni dan Oktober sampai Desember.



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -6.5671, 121.0990
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya96
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional