Air Terjun Takapala

Kawasan Makassar

KABUPATEN GOWA, Sulawesi Selatan

Destinasi wisata air terjun selalu mempunyai penggemar. Meskipun medan menuju lokasi berat karena harus berjalan kaki menuruni 1.000 anak tangga pun tetap banyak yang berduyun-duyun mendatangi. Termasuk air terjun Takapala di perbukitan Kabupaten Gowa menjadi destinasi wajib. Jaraknya cukup jauh dari kota Makassar, kira-kira 90 kilometer dan masuk ke daerah Malino yang beriklim sejuk menambah kenyamanan pengunjung penyuka wisata dengan udara sejuk.

Air terjun Takapala berdinding tebing-tebing curam berjenis columnar joint yang berbentuk pilar. Konon batuan alam air terjun Takapala terbentuk dari leburan magma Gunung Lompobattang yang mendingin. Tebing air terjun Takapala menjulang tinggi mencapai 109 meter membuat tekanan air terjun cukup besar, membuat pengunjung berhati-hati bila langsung di bawah air terjun. Besarnya tekanan air membuat dasar air terjun menghasilkan kabut sejauh 20 meter. Bagian ini yang sering menciptakan pelangi nan indah.

Puas bermain air, pengunjung bisa mencoba menjelajahi goa yang berada dibalik air terjun. Goa ini menjadi sensasi lain air terjun Takapala sebab untuk mencapainya harus menyeberangi kolam dan berbasah-basah.

Destinasi yang berada di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa ini juga terkenal karena mitos air terjubn jodoh yang berkembang di masyarakat. Konon bila meminum air di air terjun Takapala maka akan segera mendapatkan pasangan yang dinanti-nanti.

 

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.2747, 119.8569
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam60
Wisata Buatan25
Wisata Budaya35
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional