Alas Purwo

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN BANYUWANGI, Jawa Timur

Potensi dan daya tarik wisata yang ada di taman nasional ini antara lain:

  1. Pura Luhur Giri Salaka Tempat persembahyangan umat Hindu, berada di jalan masuk ke Triangulasi, salah satu pura peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih dipakai oleh umat Hindu untuk acara keagamaan yaitu upacara Pager Wesi yang diadakan setiap 210 hari sekali yaitu upacara penyelamatan ilmu pengetahuan yang diturunkan oleh para dewa dari ancaman raksasa yang akan memangsa. Dalam upacara tersebut ada yang disebut Prosesi Palemahan yaitu membuang sesaji ke tanah agar dimakan oleh Betarakala, Pawongan yaitu upacara untuk umat Hindu dlam menerima ilmu dan Kayangan yaitu upacara tanda syukur kepada Sang Dewa yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
  2. Sadengan Merupakan lokasi padang penggembalaan yang ditanami rumput lamuran dengan luas 80 ha. Juga ada menara pengintai untuk melihat satwa yang berada di padang rumput seperti banteng, kijang, rusa, kancil, babi hutan dan burung-burung.
  3. Trianggulasi, nama yang diambil dari nama suatu tugu Triangulasi/titik ikat untuk pemetaan yang terletak didekat pantai. Pantai Triangulasi merupakan pantai yang indah dengan panoramanya berpasir putih dengan formasi hutan pantai yang didominasi oleh pohon Bogem dan Nyamplung. Tidak bisa digunakan untuk surfing (selancar) dan berbahaya untuk mandi dilaut. Fasilitas yang tersedia 2 buah pondok kerja, wisma tamu dan pesanggarahan. bagi pengunjung yang akan bermalam.
  4. Pancur, terletak ± 3 Km disebelah Timur Triangulasi, merupakan tempat bumi perkemahan/camping ground, juga tempat untuk bersemedi/bermeditasi. Dinamakan pancur karena ada sungai yang mengalir sepanjang tahun ke laut melalui pantai yang agak terjal sehingga membentuk Pancuran. Dua kilo meter sebelah utara Pancur terdapat goa sakral Goa Istana dan Sendang Srengenge yang sangat terkenal dikalangan supranatural. Tidak jauh dari Pancur terdapat karang hitam (karang mati) yang lebih dikenal dengan sebutan Parang Ireng, memiliki pantai dengan pasir gotri.
  5. Batu Lawang, di pantai ini terdapat batu yang menonjol dipinggir pantai yang menyerupai pintu (lawang). Keberadaan Batu Lawang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Plengkung. Kalau Plengkung terkenal dengan ombaknya yang indah sedangkan Batu Lawang merupakan alternatif bilamana ombak Plengkung sedang rusak (ombak terlalu besar) terutama bagi peselancar tingkat pemula, dan peselancar menyebutnya twenty-twenty karena waktu tempuhnya 20 menit dari Plengkung.
  6. Plengkung Pantai Ngagelan, terletak 7 km dari Trianggulasi untuk melihat beberapa jenis penyu. Plengkung. Melihat perselancar professional tingkat dunia yang sedang melakukan atraksi. Bedul Segoro Anak. Bersampan, berenang, ski air di danau disamping pengamatan burung migran dari Australia. Goa. Terdapat 40 buah tempat yang dapat disebut goa alam dan buatan antara lain Goa Jepang untuk melihat peninggalan 2 buah meriam sepanjang 6 meter, Goa Istana, Goa Padepokan dan goa lainnya untuk wisata budaya dan wisata goa.


Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.6823, 114.4530
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam639
Wisata Buatan392
Wisata Budaya300
Taman Nasional13
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional