Gua Jomblang

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DI Yogyakarta

Sederet garis mirip tirai putih menerobos mulut Gua Grubug. Panorama mengesankan itu dihasilkan dari sinar matahari yang memancar di atas kepala. Lalu ada cahaya putih menembus hijau daun ingas dan beringin, yang tumbuh di bibir gua. Inilah Gua Grubug, yang berlokasi di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Saat menengok ke atas, tampak aneka tumbuhan paku mengalung leher mulut gua. Dua bongkah karst raksasa menghadang saat mulai memasukinya. Jika berdiri di atasnya, seluruh rongga gua terlihat sekilas mirip gentong. 

Dari sini terdengar suara jeram bergemuruh. Tetes air menambah keras deru tersebut. Bunyi gaduh air itu dalam bahasa Jawa disebut grubug. Itulah rupanya asal nama gua ini. 

Terhubung lorong sepanjang 200 meter dari Gua Grubug, ada Gua Jomblang. Di dasar Jomblang terhampar hutan purba seluas seperempat lapangan bola. Di sini tumbuh pohon khas, berbuah mirip cabai rawit. Ada juga palem berdaun mirip sayap kupu-kupu, bergerigi, dan berlubang. 

Bagi pencinta wisata nonmainstream, sepasang gua ini sungguh layak dikunjungi.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Suryo Wibowo



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -8.0287, 110.6384
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam380
Wisata Buatan292
Wisata Budaya338
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional