Ritual Sedekah Laut Tangerang

Kawasan Tanjung Lesung

KABUPATEN TANGERANG, Banten

Melepas ‘perahu pengantin’ berisi sesajen ke tengah laut merupakan salah satu prosesi dalam ritual sedekah laut Surya Bahari, Cituis, kecamatan Pakuhaji, kabupaten Tangerang. Pesta laut nelayan Cituis ini dilaksanakan oleh paguyuban para nelayan Surya Bahari yang dilaksanakan setiap awal bulan Sura kalender Jawa. Pesertanya berasal dari nelayan sambil membawa keluarganya. Pesta laut Nadran atau yang biasa disebut nelayan pesta larungan ini merupakan tradisi dari seni budaya leluhur untuk tolak bala.

 

Ritual sedekah laut yang disebut masyarakat sekitar dengan istilah Nadran ini ada satu perahu yang disebut sebagai perahu penganten.Dimana perahu tersebut berisikan sesajen yang akan dilepas di tengah laut. Perahu penganten tersebut berisikan kepala kerbau, ikan bakar, kelapa kuning, pisang, ayam bakar, ayam hidup warna putih, jagung, sayuran, kemenyan dan hasil bumi lainnya.

 

Nelayan yang mengantar perahu penganten akan memutar pulau Bokor kepulauan Seribu. Setelah antar perahu penganten di tengah laut para nelayan beserta keluarganya akan pesta sambil makan-makan bekal yang dibawanya bersama-sama di pinggir pantai pulau Bokor kepulauan seribu yang jaraknya dari cituis sekitar 15 menit. Warga Surya Bahari menganggap ritual ini sebagai tradisi tolak bala dan rasa syukur atas rejeki.

 

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Marifka Wahyu Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Banten


Koordinat: -6.0232, 106.6081
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam104
Wisata Buatan109
Wisata Budaya93
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional