Jembatan Emas

Kawasan Bangka Belitung

KOTA PANGKAL PINANG, Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini memiliki tambahan ikon pariwisata baru. ikon ini adalah jembatan Emas di kawasan Ketapang, yang menghubungkan daerah pinggiran pantai Kota Pangkalpinang (Ketapang) dan Air Anyir Kabupaten Bangka. Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 2010, telah dioperasikan secara rutin pada awal tahun 2017. Jembatan ini satu-satunya di Asia Tenggara dengan tipe Cable stayed with bascule bridge, membentang sepanjang 784,5 meter dan lebar 23,2 meter.

Jembatan yang berada di muara sungai Baturusa ini dapat diangkat agar kapal bisa lewat sungai di bawah jembatan ini. Jam 6 sore jembatan akan diangkat,.ada sirene dan pemberitahuan lebih dulu lalu jalan ditutup portal. Jadi dari kedua arah tidak boleh ada kendaraan yang lewat lagi. Butuh waktu sekitar 5 menit untuk mengangkat jembatan ini. Dan dibiarkan terangkat sampai jam 9 besok paginya. Jadi yang mau lewat malam harus ambil jalan lain.

Jembatan Emas bukan hanya menampilkan kemegahan konstruksinya namun juga memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Lampu-lampu yang menghiasi jembatan ini kala malam hari, menjadi pilihan sejumlah fotografer untuk mengabadikannya. Dari atas jembatan ini, keindahan pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di komatadya Pangkalpinang, dan PLTU Air Anyir, di kabupaten Bangka terlihat jelas.

 

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.0882, 106.1547
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional