Pantai Pok Tunggal

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DI Yogyakarta

Surga yang tersembunyi, istilah ini mungkin cocok untuk pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Eksotisme pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang mengelilinginya. Meskipun terpencil di balik bukit, lokasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik akhir pekan maupun libur panjang. Nama Pok Tunggal diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama dari pohonnya adalah Pohon Duras. Pohon (Pokok) Duras yang tumbuh hanya satu buah saja, oleh karena itu pantai ini dinamakan dengan Pok Tunggal.

Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai. Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan camping di pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Suasana camping malam hari menjadi aktivitas favorit.

Namun pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -8.1554, 110.6218
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam363
Wisata Buatan262
Wisata Budaya299
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional