Goa Pindul

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DI Yogyakarta

Berbeda dengan daerah wisata lain di kawasan Gunungkidul yang memiliki lokasi wisata berupa pantai yang membentang di sepanjang pesisir selatan Gunungkidul, Goa Pindul menawarkan sensasi wisata yang berbeda, yaitu dengan menelusuri berbagai goa-goa indah yang masih terjaga keasliannya. Goa Pindul Jogja merupakan sebuah kawasan wisata goa dan sungai bawah tanah yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Goa Pindul memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang harus dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terdapat di area ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter setelah memasuki pintu goa. Dan zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul.

Tepat di tengah tengah goa terdapat ruang yang cukup besar, dan uniknya diatas ruang tersebut terdapat sebuah lobang. Dari lobang ini sinar matahari dapat masuk menyinari ke dalam goa. Sehingga menjadikan pemandangan di dalam Goa menjadi sangat luar biasa indah. Keamanan dan kenyamanan saat menyusuri goa pindul sangat terjamin, dengan standar operasional yang telah dilakukan selama bertahun-tahun maka dijamin wisata anda di Goa Pindul akan sangat menyenangkan. 

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Pius Erlangga



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.9311, 110.6478
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam90
Wisata Buatan43
Wisata Budaya78
Taman Nasional1
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional