Pantai Parangtritis

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BANTUL, DI Yogyakarta

Parangtritis adalah desa di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Di desa yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta ini terdapat pantai di tepi Samudra Hindia. Pantai Parangtritis membentang sepanjang hampir 1 km. Berlibur di Jogja kurang lengkap bila kamu belum mengunjungi wisata pantai yang paling terkenal di Jogja ini. Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum.

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Pantai Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil bermain menaklukkan gundukan pasir dengan ATV ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Pius Erlangga



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -8.0251, 110.3296
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam339
Wisata Buatan247
Wisata Budaya313
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional