Candi Songgoriti

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KOTA BATU, Jawa Timur

Dari sekian banyak candi di seluruh Indonesia, Candi Songgoriti tergolong unik. Kalau candi-candi lain terletak di alam bebas, candi ini berlokasi di halaman sebuah hotel, yakni Songgoriti Resort. Candi ini terletak di jalan Songgoriti, kelurahan Songgokerto, kecamatan Batu, kota Batu, Jawa Timur. Lokasi candi ini berada di lingkungan Pemandian Air Panas Alami (PAPA), atau berdekatan dengan Pasar Wisata Songgoriti.

Candi Songgoriti merupakan candi tertua di Jawa Timur. Diduga candi ini berasal dari masa pemerintahan Mpu Sindok, yakni masa perpindahan kekuasaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur sekitar abad ke-9 hingga ke-10 Masehi. Meski bangunan candi sudah tidak utuh lagi, namun keberadaannya sangatlah memiliki arti sebagai bukti tuanya usia peradaban di Kota Batu.

Dilihat dari arsitekturnya, candi ini mempunyai hiasan berlanggam Jawa Tengah. Pada tubuh candi terdapat relung-relung tempat berdirinya arca. Relung sebelah timur merupakan tempat arca Ganesha, tapi arcanya tinggal sebagian. Relung sebelah utara arcanya sudah hilang, sedangkan relung sebelah barat, arcanya sudah tidak menempel lagi. Arca ini merupakan arca Agastya, ujud lain dewa Siwa. Karena ada arca-arca tersebut, maka candi Songgoriti dikatakan bersifat Hindu dari aliran Siwa.

Pada bagian tengah candi terdapat lubang sampai di dasar candi yang berisi air. Pada sisi timur candi terdapat sumber air panas yang berwarna kuning. Ini tandanya air tersebut mengandung belerang yang merupakan hasil dari aktivitas vulkanik.


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Abdi Purnomo



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.8671, 112.4927
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam626
Wisata Buatan425
Wisata Budaya285
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional