Ritual Sesanti

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN MALANG, Jawa Timur

Ritual Sesanti merupakan sebuah ritual bermakna memulyakan leluhur suku Tengger yakni Joko Seger juga Roro Anteng. Termasuk pula kerabat-kerabat masyarakat suku Tengger yang sudah meninggal.

Ritual Sesanti dirumah masing-masing berawal dari seorang dukun dan pembantunya membawa prapen atau tungku api dan air suci. Dukun melakukan perjalanan keliling desa mengunjungi setiap rumah warga desa. Ritual ini memakan waktu paling tidak tiga hari. Dalam ritual ini, seorang dukun akan membacakan doa ampunan, rasa syukur, kesehatan, tolak balak dan rejeki. Selama upacara berlangsung, setiap rumah menyediakan sesaji berupa tumpeng-tumpeng kecil dilengkapi dengan ingkung (ayam panggang), jajanan pasar khas Tengger, dan gedang ayu (pisang).

Di ruang tamu, sang dukun menyampaikan doa menghadap ke meja sesajen yang ditata khusus dan alat bakar menyan. Ritual ini dihadiri pula oleh beberapa tetangga untuk saling bersilaturahim. Doa diucapkan dengan suara keras dan para tamu yang hadir akan mengaminkan dengan berkata ‘nggih‘. Setelah sesaji selesai dimanterai oleh dukun, para tamu mencicipi makanan yang dihidangkan dan antar warga saling berkirim makanan.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Fully Syafi 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.0144, 112.8592
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam626
Wisata Buatan425
Wisata Budaya284
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional