Pura Batu Bolong

Kawasan Mandalika

KABUPATEN LOMBOK BARAT, Nusa Tenggara Barat

Berlokasi di Lombok Barat, pura ini banyak dikunjungi wisatawan terutama yang ingin menikmati pesona sunset yang jika dilihat dari tempat ini sungguh mengagumkan pemandangan yang tersaji. Pura Batu Bolong berada di tepi pantai Senggigi. Pantai ini sendiri sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan.


 
Pura Batubolong berlokasi di Jalan Raya Senggigi kurang lebih 13 Km dari Kota Mataram dan dibangun diperkirakan pada pertengahan abad ke XV oleh Danghyang Nirartha. Beliau ini dikenal sebagai pengarang besar yang produktif dan memiliki wawasan luas tentang Phalekerta (Hukum), Kalpasastra (kesenian dan sastra), Tattwa (filsafat), Nittisastra (ilmu kepemimpinan) dan bidang bidang sosial religius.

 

Nama Batu Bolong bukan hadir tanpa alasan. Nama ini diambil dari sebuah batu hitam yang ada di pantai Senggigi. Batu hitam tersebut memiliki lubang yang cukup besar. Posisi lubangnya juga tepat berada ditengah batu. Sehingga dinamakanlah pura Batu Bolong. Pura ini yang dibangun diatas karang di pantai Senggigi sangatlah istimewa. Posisinya yang menjorok ke laut memberikan nuansa yang berbeda dari sebuah pura. Pura ini berhadapan langsung dengan Selat wisata Lombok dan juga Gunung Agung Bali.

 


Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.5093, 116.0570
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam108
Wisata Buatan57
Wisata Budaya78
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional