Danau Mahalona

Kawasan SUMATERA SELATAN

KABUPATEN LUWU TIMUR, Sulawesi Selatan

Sebuah danau nan indah juga bisa ditemui di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Danau Mahalona begitu warga biasa menyebut. Danau Mahalona merupakan salah dari tiga gugusan danau di kompleks Malili. Danau yang memiliki luas sekitar 2.440 hektare dengan kedalaman 60 meter ini menjadi salah satu destinasi alam di Luwu.

Danau yang salah satu sumber airnya berasal dari Sungai Petea bisa dicapai dengan kendaraan roda empat. Ingin merasakan sensai lainya bisa menggunakan rakit sambil menyusuri sungan Patea sampai ke Danau. Dari atas rakit, pengunjung bisa sekalian menyaksikan kehidupan pinggir sungai dan kegiatan warga lainya seperti memancing. Bila sudah sampai danau bisa berganti menyewa kapal ketinting atau cukup menikmati keindahan danau yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam daerah Towuti.

Ada satu spot menarik sebelum pengunjung merasakan kesejukan danau Mahalona. Pengunjung dapat menemui mata air Bora-bora yang dingin dan jernih. Mata air ini letaknya tepat di tepi danau dan  kerap mengeluarkan gelembung udara dari dasarnya.

Jika mengarungi danau Mahalona, pengunjung bisa sering menemui ikan Opudi atau Telmatherina celebensis. Jenis ikan itu banyak diperdagangkan sampai luar negeri.

 



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -2.5947, 121.5040
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan24
Wisata Budaya34
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional