Gua Susu

Kawasan Lombok

KABUPATEN LOMBOK UTARA, Nusa Tenggara Barat

Gua Susu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Dari danau Segara Anak berjarak 1 km, dapat ditempuh selama 30 menit berjalan kaki dengan trek yang cukup curam. Air panas dari gua ini dipecercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Gua Susu dapat ditemui dengan mudah karena dia terletak di ujung jalan alias jalan buntu. Penandanya adalah sebuah tebing dengan beberapa mulut gua yang bertingkat-tingkat, yang beberapa mulut gua tersebut mengeluarkan air dari dalamnya. Warna mulut gua Susu yang kekuningan, hal ini dikarenakan endapan belerang yang dikandung dalam air panas yang muncul di dalam gua. Bagian dalam gua berwarna putih seperti susu.

Di dalam gua, kamu bakal bertemu ornamen gua dan  sumber mata air yang telah disalurkan melalui sebuah pipa. Para penduduk lokal yang sering mandi air panas disini yang membuatkannya. Terdapat sebuah ruang yang agak luas di bawah pipa ini, sehingga 5-6 orang bisa duduk bersama sambil bercengkrama menikmati air panasnya. 

Lebih dalam lagi, Gua akan menyempit dan terdapat suatu ruang yang agak diatas tempat "duduk-duduk" tadi. Kalau kamu berani, boleh aja mandi langsung di bawah pancuran. Tapi, buat yang enggak kuat sama panasnya suhu air, bisa duduk saja buat menikmati uap panas yang mengepul


sumber: TEMPO, datatempo.co/Tony Hartawan



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.3899, 116.4204
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam178
Wisata Buatan25
Wisata Budaya28
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional