Agrowisata Kebun Teh Semugih

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN PEMALANG, Jawa Tengah

Kebun teh identik dengan kawasan Puncak. Pemandangan yang indah dengan hamparan dedaunan hijau sepanjang jalan cocok sekali bagi kalian yang ingin sejenak meninggalkan ibukota dan me-refresh pikiran, hehe, maaf agak lebay. Puncak memang salah satu lokasi wisata favorit bagi warga Ibukota dan sekitarnya.

Di kawasan yang datarannya tinggi memang di beberapa lokasi di tanah air dimanfaatkan untuk perkebunan teh termasuk di area sekitar lembah Gunung Slamet yang melingkupi perkebunan di beberapa kabupaten seperti PT. Perkebunan Teh Tambi di Kabupaten Wonosobo, PT. Perkebunan Teh Jolotigo di Kabupaten Pekalongan, dan PT Perkebunan Teh Kaligua di Kabupaten Tegal.. Khusus di Pemalang, perkebunan teh dapat kita jumpai di Perkebunan Teh Semugih di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga.


Selain Kebun Teh, di perkebunan Semugih ini juga dilengkapi pabrik teh. Ini difungsikan untuk mendukung produksi teh yang melimpah di perkebunan semugih ini. Hasil olahan teh yang dihasilkan dari pabrik ini dikirim ke beberapa daerah di Jawa Tengah. Bahkan setelah Masmin baca di inilah.com peruntukannya 90% untuk ekspor sedangkan 10% untuk kebutuhan teh dalam negeri. Negara tujuan eksport teh Semugih antara lain Amerika, Inggris, Rusia, dan Pakistan.Perkebunan yang teh yang dikelola oleh PTPN IX ini memiliki luas sekitar 400 hektar. Meski demikian, menurut beberapa sumber yang Masmin baca, beberapa bulan lalu, hanya sekitar 280 hektar yang mampu berproduksi. Sisanya masih dalam tahap regenerasi.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.1339, 109.2534
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam387
Wisata Buatan309
Wisata Budaya481
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional