Pulau Menjangan Kecil

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN JEPARA, Jawa Tengah

Keindahan laut di Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, seperti menyerap energi buruk yang ada di dalam tubuh dan pikiran. Airnya berwarna hijau transparan menyajikan pemandangan gugusan terumbu karang. Wisatawan seolah terbang di atasnya sambil dikelilingin ikan Zebra Ekor Putih.

Lucunya lagi, ketika berenang atau snorkeling, wisawatan seolah ditemani dan dipandu oleh si Dascyllus aruanus. Ikan sebesar setengah telapak tangan ini berenang mengelilingi wisawatan seolah ingin tahu apa yang sedang dilakukan manusia. Tapi begitu disauh dan coba ditangkap, kumpulan Dascyllus aruanus membubarkan diri.

Ikan ini dibiarkan berkembang biak menghuni terumbu karang untuk menyeimbangkan ekosistem. Lucunya, ikan-ikan ini mendekat begitu ada wisawatan yang menyodorkan makanan. Mereka berenang cepat bila disauh atau coba dipegang. Atraksi ini membuat wisatawan, yang snorkeling atau sekedar berenang di pantai Menjangan Kecil, sangat terhibur.    

Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat, cukup datangi Pulau Menjangan Kecil yang kaya akan pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan seperti  nemo yang lucu. Cukup menyelam pada kedalaman 20 meter, para penyuka diving bisa menikmati terumbu karang masih hidup dan beraneka warna.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Eko Siswono Toyudho



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -5.8905, 110.4093
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam262
Wisata Buatan247
Wisata Budaya301
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional