Masjid Jami PITI Muhammad Cheng Hoo

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN PURBALINGGA, Jawa Tengah

Satu lagi wisata Religi yang patut anda kunjungi saat di Purbalingga adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid yang terletak di Desa Selaganggeng Kec. Mrebet ini menjadi suatu bukti terdapatnya keberagaman agama, suku maupun ras dalam kehidupan bermasyarakat di Purbalingga. Hal ini menjadi suatu kekuatan yang luar biasa. Para muslim Tionghoa memanfaatkan Masjid Jami ini sebagai sarana tempat berkumpul mereka untuk menyiarkan dakwah dan pendidikan Islam.

Berdirinya Masjid Jami Cheng Hoo ini merupakan prakarsa dari PITI (Persatauan Islam Tionghoa Indonesia). Masjid ini merupakan akulturasi arsitektur bergaya China/Tiongkok dan Jawa. Bentuknya mirip kelenteng dan tidak ada kubah bulat di bagian atapnya seperti masjid kebanyakan. Masjid Jami Muhammad Cheng Hoo ini mulai dibangun pada tahun 2005. Setelah terhenti pada tahun 2006, pembangunan dilanjutkan pada tahun 2010, dan diresmikan tanggal 5 Juli 2011.

Masjid Cheng Hoo terlihat sangat indah dan cantik saat malam hari. Saat semua lampu masjid dinyalakan, masjid akan terlihat lebih mewah dan mengesankan. Meskipun ukuran Masjid Jami PITI Cheng Hoo tidak terlalu luas, namun keunikan bangunannya membuatnya menjadi sebuah masjid yang menarik untuk dikunjungi



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.3196, 109.3627
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam407
Wisata Buatan310
Wisata Budaya466
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional