Pulau Kemujan

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN JEPARA, Jawa Tengah

Pulau Kemujan adalah pulau yang berada di Kepulauan Karimunjawa, Jepara. Pulau ini secara administratif berada di kecamatan Karimunjawa. Potensi ekonomi pulau ini berupa perikanan laut, potensi perikanan tangkap, budidaya rumput laut dan wisata bahari.

Pulau Kemujan adalah pulau terbesar kedua setelah pulau Karimunjawa. Meskipun besar pulau ini tidak memiliki dataran tinggi hanya bukit-bukit kecil saja, tetapi tanah di pulau ini seperti tanah pegunungan, berwarna merah dan subur. Wisata yang dapat dilakukan di pulau Kemujan adalah mangrove tracking.

Pulau Kemujan memiliki keindahan panorama pantai dengan 'bonus' hutan mangrove. Ada jalur kayu sepanjang dua kilometer yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri hutan mangrove sekaligus menikmati keindahannya. Hutan mangrove di pulau Kemujan juga dihuni oleh beberapa spesies binatang yang unik.

Wisata lainnya adalah pantai Baraccuda tempat penangkaran penyu, pantai Batu Putih, rumah adat suku Bugis dan dermaga pulau Merican. Namun minimnya akses untuk menuju tempat wisata tersebut sehingga sangat jarang wisatawan berkunjung ke pulau Kemujan. Sekarang semakin banyak homestay, resort, atau tempat penginapan yang berdiri di Kemujan

 

Sumber TEMPO, datatempo.co/Eko Siswono Toyudho



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -5.8000, 110.4667
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam244
Wisata Buatan217
Wisata Budaya280
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional