Pantai Watotena

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN FLORES TIMUR, Nusa Tenggara Timur

Pantai Watotena berada di desa Nelerereng, Kecamatan Ileboleng Adonara Timur, salah satu pulau di ujung timur Flores. Nama pantai ini lebih dikenal dengan Neren Watotena. Watotena memiliki arti yaitu, perahu  dari batu atau batu yang berbentuk perahu. Memiliki arti nama tersebut karena, di Pantai Watotena dikelilingi dengan batuan hitam atau magma berbentuk perahu yang mengapit bibir pantai. 

Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, ditambah deburan ombak dan desiran angin pantai. Selain itu, kita juga dapat melihat pemandangan gunung “Ile Boleng” dan Pulau Lembata serta Pulau Solor dari utara pantai ini. Fasilitas di pantai ini masih sangat minim. Namun, telah tersedia beberapa “gazebo” atau warga Adonara menyebut “oring” untuk tempat berjualan makanan ringan oleh penduduk sekitar.

Dengan pasir putih dan air laut bergradasi hijau biru, membuat pantai semakin berwarna. Dilengkapi dengan batu-batu hitam yang diduga berasal dari letusan Gunung Ile Bolang membuat semakin indah.  Pantai ini juga terbebas dari sampah yang berserakan. Karena warga Adonara selalu menjaga kebersihan pantai Watotena. Namun, menurut warga Adonara, batuan tersebut adalah perahu atau kapal yang terdampar dan telah membatu. Kejadian mistik ini diceritakan secara turun-temurun dalam versi yang berbeda-beda oleh warga Adonara.

Pantai Watotena berjarak sekitar 6 km dari Pelabuhan Waiwerang. Hanya 30 menit yang dibutuhkan untuk menuju pantai ini. Dan kurang lebih butuh tiga jam dari Pelabuhan Larantuka.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -8.3935, 123.2275
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam43
Wisata Buatan5
Wisata Budaya31
Taman Nasional2
  • Share Via