Pantai Kukup

Kawasan DI YOGYAKARTA

KABUPATEN GUNUNG KIDUL, DI Yogyakarta

Destinasi mencari keindahan laut di pulau Jawa banyak sekali. Nah, jika kamu sedang dalam membuat list tempat yang ingin dikunjungi khususnya di daerah Yogyakarta, jadikan Pantai Kukup sebagai pilihan. Pantai Kukup yang berlokasi di desa Kemendang, Kecamatan Tanjung sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta terkenal dengan keindahannya dan memiliki keanekaragaman biota laut. Lokasi Pantai Kukup berada tidak jauh dengan Pantai Baron sekitar 1 km dari sebelah Timur.Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Kukup adalah 2,5 jam dari kota Yogyakarta dengan berkendara menggunakan motor.

Sebelum berpergian pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraanya ladies. Terutama perhatikan kondisi mesin yang sehat dan rem dapat bekerja secara maksimal. Karena, untuk menuju ke Pantai Kukup akan melalui jalan yang naik–turun dan berkelok-kelok. Jangan khawatir walaupun perjalanan menuju ke pantai harus berkelok-kelok, kondisi jalan sudah mulus dan akan menikmati keindahan alam yang indah. Sangat sulitkan menemukan perjalanan yang memiliki keindahan selama perjalanan di kota besar. Dalam pemilihan jalur menuju pantai dari arah Yogyakarta dapat melalui Kota Wonosari atau Kota Panggang.

Ketika sampai kalian akan melihat indahnya Pantai Kukup dari jauh, karena lokasi parkir sedikit jauh dari bibir pantai, perlu jalan kaki  untuk mencapainya. Pantai Kukup memang tidak seluas Pantai Parangtritis, namun jangan remehkan keindahan pantainya yang dipenuhi oleh pasir putih dan masih bersih. Dalam satu area Pantai Kukup terdapat pulau karang kecil yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan laut. Fasilitas yang terdapat di area pantai adalah hotel, tempat makan, pendopo pertemuan, dan kios berjualan cendera mata khas Pantai Kukup. Dipenuhi dengan keanekaragaman biota laut, membuat warga sekitar untuk memanfaatkan untuk menjualnya.

Dari area Pantai Kukup dapat juga melihat keindahan Laut Pantai Selatan Gunung Kidul dan memanfaatkan untuk melihat sunrise terbaik setiap saat dari Pantai Gunung Kidul. Salah satu resort yang yang terdapat disini adalah Nessya Resort yang memiliki ciri khas kolam renang yang bereda di samping tebing. Tidak lengkap jika hanya melihat sunrise, karena menikmati keindahan mathari terbenam dapat juga dilihat setiap hari.

Jika merasa bosan dengan kegiatan bermain air seperti berenang, tidak ada salahnya merasakan kenikmatan bercamping di pinggir pantai. Wah, rasanya pasti menyenangkan sekali ya ladies. Berpergian kesini akan merasa menyenangkan berasama keluarga, pasangan, teman, atau yang lebih eksklusif berpergian sendiri.

Harga tiket masuk tidak mahal, cukup mengeluarkanuang sebesar Rp5.000 sudah dapat memanjakan mata melihat indahnya Pantai Kukup yang dipenuhi deretan karang yang tegak berdiri dengan menyebrang melalui jembatan yang sudah disediakan di sekitar pantai. Jika Ladies, beruntung dapat meilhat biota laut di bibir pantai seperti kepiting, ikan dan ubur-ubur. Angin yang berasal dari laut cukup kencang dan membua tombak yang berada di Pantai Kukup tergolong besar jadi untuk yang berniat berenang disarankan untuk tidak melakukan.

Sedangkan, jika masih ingin melihat budaya Jawa yang dilestarikan, Pantai Kukup adalah tempatnya. Masyarakat sekitar Pantai Kukup masih memiliki kepercayaan kepada Kejawen. Karena itu, di setiap bulan Suro penganggalan Jawa akan ada ritual sedekah laut yang dilakukan oleh masyarakat. Tujuan ritualnya adalah agar diberikan keberkahan dan terhindar dari marabahaya.

Bagaimana masih bingung ingin kemana saat ke Yogyakarta? Sudah tidak dong, jangan lupa masukkan list Pantai Kukup sebagai tujuan kamu untuk mengekspolorasi keindahan laut dan paket lengkap mencari suasana baru. Selamat berlibur ladies.

Sumber: Instagram @herman_lincep

 

 

 



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -8.1335, 110.5540
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam363
Wisata Buatan277
Wisata Budaya330
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional