Rawa Pening

Kawasan Borobudur

KABUPATEN SEMARANG, Jawa Tengah

Berkunjung ke kota Semarang tidak bisa melepaskan nama destinasi di daerah Ambarawa. Rawa Pening berasal dari kata “pening” yang berarti bening atau jernih. Nama itu karena danau ini memiliki air yang jernih. Danau seluas 2.670 hektar di Desa Rowo Boni, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah menjadi magnet bila pengunjung mencari destinasi di sekitar kota Semarang.

Bukit Cinta, salah satu sudut Rawa Pening. Konon diberi nama Bukit Cinta karena di sekeliling Rawa Pening terlihat adanya Bukit Brawijaya yang dikenal dengan Bukit Cinta. Rawa Pening  yang dikelilingi gunung Merbabu dan gunung Ungaran, membuat pemandangan cantik.

Tak kalah menarik menyaksikan kereta wisata berjalan menyusuri sebagian danau. Pengunjung seperti dibawa ke masa lampau, melihat asap keluar dari cerobong asap sambil berjalan dengan iringan popohonan dan pantulan air danau. Jika ingin menaiki, pengunjung bisa mendatangi stasiun Ambarawa yang tidak seberapa jauh.

Keunikan lain dari Rawa Pening sekarang adalah bila memasuki musim kemarau. Air danau menjadi yang menyusut hilang akan disulap menjadi padang rumput. Eceng gondok pun hilang, berganti  menjadi tempat warga bermain layang-layang atau jadi arena lapongan bola.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Budi Purwanto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.2833, 110.4333
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam428
Wisata Buatan327
Wisata Budaya395
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional