Festival Memeden Gadhu

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN JEPARA, Jawa Tengah

Pelaksanaan : musim tanam (biasanya di musim Rendeng atau musim penghujan). Setelah panen akan langsung lanjut ke tanam padi kedua, sehingga total ada 2 x musim tanam. Beberapa petani setempat yang berada di dekat sumber air biasanya menamam padi kembali di musim tanam ketiga, yaitu di musim kemarau. Musim tanam di bulan kemarau ini disebut GADU.

Lokasi : di desa Kepuk Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.

Festival Memeden Gadu atau dalam bahasa Indonesia Festival Hantu Sawah adalah tradisi mengarak Memeden Sawah ( di sini disebut memeden gadu) keliling desa dengan harapan desa terbebas dari hama perusak tanaman serta masyarakat diingatkan adanya tradisi tempo doeloe.

Istilah memedi gadu muncul karena memedi sawah ini muncul di luar musin tanam padi (yang disebut gadu). Karena musim tanam tidak bersamaan, maka pemilik  sawah membuat memedi sawah gadu yang disingkat memedu. Dari sinilah muncul istilah memedi gadu atau memeden gadu. Festival Memeden Gadu merupakan acara sedekah bumi warga, sebagai ungkapan rasa syukur pada apa yang telah diberikan bumi pada para petani. Festival Memeden Gadu ini bukan hanya sebagai pegingat tradisi masa lalu tapi juga nostalgia lomba tradisi tempo dulu. Hal ini dilatarbelakangi karena sudah banyak jenis dolanan anak jaman dulu yang sudah banyak menghilang. Anak jaman sekarang sudah tidak banyak mengenal dolanan-dolanan lawas yang pernah  dimainkan kala kecil dulu seperti gobag sodor, setinan, egrang, dakonan, dan lain sebagainya.

 Puncak acara Festival Memeden Gadu adalah Kirab Memedi Sawah pada pukul 3 sore. Rute kirab adalah di jalan perkampungan setempat. Ada yang mengusung-mengarak memedi sawah, banyak pula peserta yang mengubah dirinya menyerupai memedi sawah dengan memanfaatkan jerami. Seperti biasa, setiap kirab atau karnaval, selalu ada peserta yang mengenalkan seni Barong dan Kuda Lumping. 2 kesenian ini seperti wajib ada sejak dulu. Barongan adalah sosok yang palng dicari, ditunggu, dan ditakuti para penonton kirab.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -6.5627, 110.7808
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam359
Wisata Buatan316
Wisata Budaya371
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional