Patung Seribu Wajah

Kawasan Kepulauan Riau

KOTA TANJUNG PINANG, Kepulauan Riau

Destinasi wisata religi ini istimewa sekali. Banyak menyebut itu kumpulan patung Buddha, sebenarnya itu bukan Buddha. Di bawah setiap patung terdapat tulisan Mandarin, yang menjelaskan sosok patung seribu wajah itu beserta namanya. Konon, ratusan patung tersebut merupakan representasi dari para murid Buddha yang disebut Arahat.

 

Meski berkonsep wisata religi, patung yang berada di komplek Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tak cuma disambangi umat Buddha.  Namun banyak turis dengan beragam latar belakang datang terus mendatangi vihara tersebut. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva masih terus dibangun. Patung-patung yang diukir langsung oleh tangan manusia itu terus ditambah. Targetnya mencapai seribu. Maka itu, masih tersisa banyak spot kosong untuk meletakkan patung baru.

 

Pengunjung tak bisa menyentuh langsung karena dibatasi pagar besi setinggi 1 meter. Namun seluruh wajah dan ekspresi patung dapat dilihat dengan jelas. Sebab, semuanya ditata rapi berundak-undak dengan pola barisan bertingkat. Tanjung Pinang yang berdekatan dengan Singapura membuat turis asing didominasi warga Singapura dan Cina. Dengan semua ornamen dan bentuk Vihara, pengunjung akan terpana sejak  memasuki gerbang Vihara.



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 0.9045, 104.5403
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam11
Wisata Buatan12
Wisata Budaya7
Taman Nasional0
  • Share Via