Masjid Raya Al-Mashun Medan

Kawasan Medan

KOTA MEDAN, Sumatera Utara

Mengunjungi Kota Medan jangan menunaikan ibadah di Masjid yang menjadi ikon budaya Ismlam Medan. Masjid Al-Mashun, yang lebih dikenal sebagai Masjid Raya Medan, merupakan salah satu di antara bangunan masjid yang paling indah pada masa kerajaan Islam masa lampau, dengan gaya arsitektur campuran Timur Tengah, India, dan Eropa.

Masjid al-Mashun punya ciri khas warna warna putih, di samping hijau pada sekitar bagian pintu-pintu dan hitam pada kubahnya. Bagian pilar adayang bercorak Kordoba, Spanyol, terutama lengkung bagian atas yang menyerupai setengah lingkaran dan diameter pilar yang tidak besar. Pengunjung yang hendak memasuki ruang shalat mesti melalui tangga hubung lantaran tempat tersebut letaknya lebih tinggi daripada beranda.

Gaya arsitekturnya mesjid yang memadukan khas timur tengah, india dan spanyol oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam. Pada awalnya Masjid Raya Al Mashun dirancang oleh arsitek Belanda Van Erp yang juga merancang istana Maimun, namun kemudian prosesnya dikerjakan oleh JA Tingdeman.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Hendra Suhara



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.5751, 98.6873
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam98
Wisata Buatan85
Wisata Budaya40
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional