Benteng Rotterdam

Kawasan Makassar

KOTA MAKASSAR, Sulawesi Selatan

Benteng Rotterdam atau Jumpandang adalah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di Jalan Penghibur, Kota Makassar. Benteng ini berada tidak jauh dari Pantai Losari. Benteng Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa ‘risi’ Kallona. 

 

Menurut Sejarah, benteng ini pernah hancur akibat penyerbuan Belanda di Kerajaan Gowa dengan tujuan menguasai jalur perdagangan rempah-rempah. Dan tepat pada 18 November 1667, mereka mengadakan perjanjian Bongaya, dengan menyerahkan Benteng Rotterdam kepada pasukan Belanda.  

 

Benteng Rotterdam digunakan sebagai museum cagar dan masuk dalam pengawasan kantor Badan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Ada lima bastion yang menjadi ciri khas dari Benteng Rotterdam. Bastion pertama adalah Bastion Bone yang terletak di sebelah barat bagian tengah benteng. Bastion kedua adalah Bastion Buton yang terletak di sudut barat laut. Bastion ketiga adalah Bastion Mandarasyah yang terletak di sudut timur laut. Bastion yang keempat adalah Bastion bacan yang terletak di sudut barat daya. Dan Bastion yang kelima adalah Bastion Amboina, terletak di sudut tenggara.



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.1341, 119.4047
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan24
Wisata Budaya32
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional