Semarang

Kawasan Joglosemar

KOTA SEMARANG, Jawa Tengah

Menyebut kota Semarang, kita layaknya mengunjungi layaknya kota lain di Indonesia, tapi yang membedakanya Semarang mempunyai keunikan yang tidak dipunya kota lain. Wisata Kota Semarang mempunyai topografi yang lengkap. Mencari pantai ada.  Kawasan dataran rendah, perbukitan sampai waduk juga ada. Namun dari sekian banyak keunggulan Semarang. Ada satu  yang menjadi bukti Semarang sebagai kota yang layak dikunjungi yaitu sebagai kota dengan kekayaan wisata Sejarah.

Wisata sejarah dalam kota Semarang, kita dibawa ke areal kota lama. Kawasan dekat pelabuhan itu mempunyai sejumlah gedung berarsitektur kuno. Ada sejumlah bangunan bertipe kolonial, Lawang Sewu, sampai mengenang zaman perang di area Tugu Muda. Mengunjungi kawasan kota lama kita masih bisa menemukan bangunan yang berfungsi sebagai kota benteng. Benteng yang dibangun pada tahun 1760-an ini mengelilingi area Kota Lama.

Pusat kota lama Semarang sendiri berada di area tengah kota lama Semarang. Pengunjung bisa menumukan berbagai macam bangunan tua dan menjadi tempat berfoto yang menarik. Area itu meliputi Jalan Glatik, Jalan Jendral Soeprapto dan Jalan Garuda. Tempat itu memang cukup ramai dikunjungi, tetapi pengunjung langsung bisa merasakan suasana nyaman karena bersih dan cocok untuk bersantai di lokasi ini.  Kota Semarang juga mempunyai julukan lainya yaitu Venetië van Java, dengan banyak sungai melalui di tengah kota layaknya Venesia di Italia. Julukan itu sendiri diberikian Belanda.

Jika ingin habis menikmati wisata dalam kota Semarang, setidaknya tercatat memiliki 63 obyek wisata. Jumlah yang cukup untuk berliburan sambil menetap beberapa hari  dan memilih destinasi wisata yang pengunjung sukai. Dari wisata budaya dan sejarah di kota lama. Wisata bersifat sejarah dan religi seperti Masjid Agung, Masjid Kauman Semarang di daerah Kauman Johar. Sampai Kelenteng Tay Kak Sie Tri Dharma di Gang Lombok. Umat nasrani pun memiliki destinasi Gereja Blenduk di Kecamatan Semarang Utara, Gereja Katedral Semarang di Kelurahan Randusari.

Jangan lupa, kita mengelilingi kota di sekitar Semarang juga tidak kalah menariknya. Ingin bersantai sambil menikmati kedamaian danau nan cantik bisa mendatangi Rawa Pening yang berlokasi di Kecamatan Ungaran tepatnya di kaki Gunung Ungaran. Dari sana, pengunjung bisa langsung menuju Museum Kereta Api Ambarawa. Nuansa nostalgia langsung bisa dirasakan ketika  menaiki kereta uap menyusuri pinggi Rawa Pening dan merasakan hawa pedesaan dari balik jendela gerbong kayu kereta jaman kolonial.

Destinasi sejarah sekitar Semarang juga kaya akan sejarah Hindu yang dahulu menjadi bagian budaya Jawa. Yaitu Candi Gedong Songo, Candi yang berlokasi di daerah Bandungan ini berhawa sejuk karena terletak di ketinggian 1.200 mdpl di atas bukit. Wisata berhawa sejuk di sekitar Semarang tepatnya di kaki Gunung Ungaran tidak bisa melupakan Wisata Umbul Sidomukti, pengunjung bisa menikmati wisata alam dingin.  Wisata sejarah, Candi Gedong Songo adalah pilihan wisata yang tepat. Candi yang berlokasi di daerah Krajan, Bandungan ini terletak di atas bukit, tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl.

Bila hanya ingin mencari hawa sejuk, dalam kota Semarang sendiri pun ada. Datangi daerah Semarang atas, bakala ditemukan tempat-tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan lampu-lampu kota Semarang dari ketinggian. Layaknya kawasan puncak, Bogor.


Cara Menuju Kota Semarang

Jalur Laut
pengunjung dari Kota-kota di seberang pulau Jawa yang ingin melalui jalur laut, bisa melalui Pelabuhan Tanjung Mas,

Jalur Udara
Bandara Ahmad Yani, menjadi pintu masuk Semarang dan menghubungkan Semarang dengan sejumlah kota-kota besar Indonesia. Layaknya bandara Internasional, sudah ada penerbangan langsung ke luar negeri

Jalur Darat
Semarang dilalui jalur pantura yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di pantai utara Pulau Jawa. Saat ini jalan tol yang menghubungkan Semarang dengan Solo akan terhubung akhir tahun 2018.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -6.9903, 110.4229
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam406
Wisata Buatan289
Wisata Budaya362
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional