Tradisi Peresean

Kawasan Mandalika

KABUPATEN LOMBOK TENGAH, Nusa Tenggara Barat

Kesenian dari Pulau Lombok satu ini merupakan media untuk para lelaki dalam menguji keberanian dan ketangguhan mereka. Namanya adalah Peresean. Peresean adalah kesenian tradisional masyarakat Sasak Lombok yang mempertarungkan dua lelaki bersenjatakan tongkat rotan dan perisai.

 

Tradisi Peresean merupakan kesenian khas yang dulunya bermula sebagai sebuah simbolis kegembiraan atau luapan emosi para prajurit Lombok dulu kala, setelah berhasil mengalahkan lawan di medan tempur. Budaya peresean ini kemudian menjadi sebuah tradisi yang memiliki keunikan sendiri ketika para Pepadu-nya memadukan gaya bela diri dengan ekspresi-ekspresi lelucon ketika berhasil menyisakan bekas sabetan rotan di tubuh lawannya.

 

Seni bela diri atau adu ketangkasan Peresean di Lombok biasanya di iringi oleh tabuhan musik Gendang Beleq, sebagai penyemangat dan pengundang masyarakat sekitar acara untuk menonton. Sambil menari-nari di iringi tabuhan gendang Beleq, kedua Pepadu akan saling menghalau dan mengalahkan lawan dengan pukulan penjalin tanpa rasa cemas ataupun takut cedera. Dan uniknya, para peserta Peresean tidak pernah dipersiapkan sebelumnya, para penonton dan siapapun yang sedang berada di medan acara boleh ikut bertarung dan memamerkan kelihaiannya.

 


Foto: Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.7001, 116.3491
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam99
Wisata Buatan51
Wisata Budaya71
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional