Pura Kelasa

Kawasan Mandalika

KABUPATEN LOMBOK BARAT, Nusa Tenggara Barat

Salah satu objek wisata di Lombok Barat yang sekaligus memiliki tempat peribadatan (pura) Hindu di dalamnya adalah Taman Narmada. Penyimpan Kisah bersejarah, juga sebagai tempat rekreasi yang memiliki vibrasi spiritual. Sebagai puncak tertinggi dari Taman Narmada dibangun sebuah pura yaitu Pura Kelasa dengan bentuk bangunan menyerupai punden berundak dan merupakan salah satu pura tertua di Lombok. Di desain menyerupai kondisi dari gunung Rinjani, maka untuk menuju pura Kelasa anda harus melewati puluhan anak tangga.


 
Nama Pura Kelasa konon berasal dari nama sebuah gunung di India, Gunung Kelasa. Menurut catatan sejarah, pura, taman dan puri itu dibangun pada akhir Abad ke-18 M oleh Raja Mataram yang berkedudukan di Cakranegara, Lombok Barat. Pura Kelasa didirikan di sekitar mata air, berkiblat ke arah puncak Gunung Rinjani dengan danau Segara Anakan-nya. Pura Kelasa yang pujawali-nya jatuh pada Purnama Sasih Kalima ini memiliki tiga mandala, tapi terdiri dari lima transis, yakni utama mandala (transis teratas), merupakan jeroan pura; madya mandala (transis kedua) sebagai jaba tengahnya dan kanista mandala (transis ketiga, keempat dan kelima) sebagai jaba sisi-nya.

 

Taman Narmada dan Pura Kelasa berlokasi di desa Lembuah, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat. Berjarak sekitar 10 km ke arah timur kota Mataram taman Narmada dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

 

 

Foto: datatempo.co/Aditia Noviansyah



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.5951, 116.2049
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam106
Wisata Buatan55
Wisata Budaya79
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional