Kampung Batik Laweyan

Kawasan Joglosemar

KOTA SURAKARTA, Jawa Tengah

Salah satu kawasan yang menghasilkan batik Solo yang sangat terkenal ialah Laweyan. Laweyan merupakan salah satu kawasan yang memproduksi batik, baik itu batik cap maupun batik tulis. Kampung batik Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh pemerintah kota Solo untuk mengundang para wisatawan asing dan domestik melihat-lihat Batik. Kampung Batik Laweyan dinilai sebagai kawasan sentra batik di kota Solo dan sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang tahun 1546 M. Kawasan ini sempat meraih kejayaannya pada tahun 1970an.

Wisata batik daikawasan Laweyan ini di buat dengan konsep galeri yang berada di rumah – rumah di sekitar kawasan tersebut. dengan konsep utama “Rumahku adalah Galeriku”, kawasan ini menjadi tujuan utama dalam rangkaian liburan ke Solo. Dengan rumah yang dijadikan galeri tersebut, nuansa wisata pun menjadi lebih baik lagi dan membuat pengunjung nyaman. Warga kampung ini sudah menekuni membuat kain batik sejak abad ke-19.

Salah satu ciri khas batik dari kawasan ini ialah beragam banyaknya corak dan pola dalam situ batik. Hal ini sungguh sangat cantik bila kita lihat secara seksama dengan penuh rasa kagum. Dari sekian banyaknya pola dan crak batik Laweyan ini, motif Tirto Tejo dan Truntumlah yang menjadi ciri khas dari batik di kawasan ini. Selain itu, motif ini juga yang memngantar batik Solo hingga ke seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia.

 


Foto: datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5695, 110.7964
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam474
Wisata Buatan338
Wisata Budaya388
Taman Nasional13
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional