Kereta api uap Jaladara

Kawasan Joglosemar

KOTA SURAKARTA, Jawa Tengah

Kalau ke Solo, jangan lupa naik kereta ini. Kereta api uap Jaladara adalah kereta api wisata yang ada di kota Solo. Kereta wisata yang dijalankan dengan lokomotif uap tua buatan Jerman bernomor seri C 1218 ini berjalan di lintasan rel yang tepat bersisian dengan jalan raya utama di pusat Kota Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi. Dan beroperasi di jalur kereta api stasiun Purwosari hingga stasiun Solo Kota sepanjang enam kilometer. Nama Jaladara berasal dari nama kereta pusaka yang dihadiahkan para dewa kepada Prabu Kresna untuk membasmi kejahatan.

Lokomotif uap C 12 18 menarik dua buah gerbong kayu jati asli buatan tahun 1920 dengan kode CR 16 dan CR 144. Kapasitas optimal total untuk 2 kereta tersebut adalah 72 orang. Kereta ini menggunakan bahan bakar kayu jati, selain itu lokomotif ini juga membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk menghasilkan uap untuk menggerakkan loko tersebut. Setidaknya lokomotif ini membutuhkan 4 meter kubik air dan 5 meter kubik kayu untuk jarak tempuh Stasiun Purwosari sampai Stasiun Sangkrah.

Kereta kuno ini memilki 4 rute tujuan, yaitu Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota Solo), Ngarsopuro, Keraton Solo, dan Gladag. Kereta ini dapat berhenti di Diamond Convention Center, Solo Grand Mall, Loji Gandrung (Rumah Dinas Walikota Surakarta), House of Danar Hadi, Museum Radya Pustaka Sriwedari, Perempatan Pasar Pon (Ngarsopuro), Kampung Seniman Kemlayan, Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center/ Gladag Langen Bogan, Stasiun Solo Kota (Stasiun Sangkrah).

 

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5757, 110.8278
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam502
Wisata Buatan380
Wisata Budaya433
Taman Nasional13
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional